Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 31, 32

Posted by Kuat On Kamis, 16 Januari 2020 0 komentar
kunci jawaban buku siswa halaman 23 tema 6 kelas 4 pembelajaran 3

Tema 6 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 28, 29, 31, 32 - Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku Subtema 1 Aku dan cita citaku Pembelajaran 3 Kurikulum 2013 Revsi 2018 (K13)

Buku siswa tema 6 kelas 4 yang berjudul cita citaku merupakan buku paket tematik kurikulum 2013 yang di pelajarai siswa pada semsester 2

Untuk itu admin telelah meringkas dan menjawab soal latihan yang ada pada buku siswa tema 6 kelas 4, dengan tujuan agar siswa siswi dapat belajar dengan baik.pada kesempatan yang baik ini admin telah meulis kunci jawaban  berserta materi yang menurut pengetahuan admin sudah benar, berikut kami paparkan dengan rapi berserta halamannya

Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Aku dan Cita citaku


Beni berjalan beriringan dengan Made. Made tertarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni.

“Apa yang kamu bawa, Ben?  tanya Made.

Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Beni sambil tersenyum.

“Artikel tentang apakah itu, Ben?  Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar.

“Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan!  Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga.

“Wah!  Hebat!  Bolehkah aku membacanya sekarang?” inta Made tidak sabar.

“Guru,”jawab“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.

Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni? Yuk, kita baca bersama!


Ayo Membaca

Bacalah artikel berikut dengan saksama!

Peternak Muda dari Malang

kunci jawaban buku tematik kelas 4 tema 6 halaman 24
Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya.Ia hanya ingin membangun usaha mandiri seusai kuliah.Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya.

Usaha peternakan bebek potong ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru.Ketika melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok bersama  mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah.

Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan.  Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak dan sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam.

Usaha Triyono kian membesar.Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya.Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk.Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas.Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.

Jawaban soal tema 6 kelas 4 Halaman 25


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel!

1.Siapakah Triyono?
Jawaban
Triyono adalah seorang perintis usaha peternak bebek potong

2.Apa saja yang telah dilakukannya untuk menjadi pengusaha?
Jawaban
Yang di lakukan Triyono adalah Membangun uasaha secara mandiri, Triyono memiliki lahan yang tidak terlalu luas,namun Triyono dapat membangun kandang untuk berternak sapi.

3.Kendala apa sajakah yang dihadapinya?
Jawaban
Kendalah yang di hadapi Triyono adalah Modal  dan lahan yang kurang memenui namun Triyono tidak pata semangat untuk menjalankan usahanya

4.Apakah mimpinya?
Jawaban
Mimpih Triyono Adalah Bisa memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang saat ini masih imfor dari luar negeri 


Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia.Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya. Adakah kegiatan beternak di sekitar tempat tinggalmu?


Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar-gambar berikut!

Kunci Jawaban buku siswa halaman 26 tema 6 kelas 4

Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Kunci Jawaban buku siswa kelas 4 tema 6 Halaman 26


Ayo Berlatih

Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

Jawaban
  • Mengetahui keadaan penyakit pada hewan ternak
  • Menetahui kesehatan pada hewan ternak
  • Kualitas makanan yang akan di berikan pada hewan ternak
  • Menyediakan tempat yang layak untuk hewan ternak


Selain beternak,kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia.Sebagai negara agraris,Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.

Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!


Kunci Jawaban buku siswa halaman 27 tema 6 kelas 4

Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

Kunci Jawaban Buku siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 28, 29


Ayo Berlatih

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.

Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.

Jawaban

Kunci jawaban bukku siswa halaman 28 tema 6 kelas 4


Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.

Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama.

Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.


Ayo Berdiskusi

1.Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2.Diskusikan mengenai hal-hal berikut.

a.Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?

1) Pegunungan

2) Dataran rendah

3) Pantai

4) Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)

b.Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!

c.Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!

3.Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk tabel seperti berikut!

Jawaban

kunci jawaban buku siswa halaman 29 kelas 4 tema 6

4.Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!

a.Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?
Jawaban
Di Temapat saya sesuai dengan sumber daya alam dan sesuai dengan lingkunganya

b.Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?
Jawaban
Untuk Mata pencarian penduduk di sekitar tempat tinggal saya sesuai dengan lingkungannya


Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!

Ayo Membaca

Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini.  Ayo, simaklah puisi berikut!

Kunci Jawaban buku siswa tema 6 kelas 4 halaman 31


Kunci Jawaban buku siswa Tema 6 Kelas 4 Halaman 31, 32


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1.Apa judul puisi tersebut?  Siapakah pengarangnya?
Jawaban
Judul puisi di atas adalah Hidup Penuh Warna dan penagaranya D.Karitas

2.Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut
Jawaban
Yang saya bayangkan adalah Keanekaragaman Kehidupan penulis.
 
3.Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?
Jawaban
Menurut saya isi dari puisi tersebut adalah Keaneka ragaman kehidupan yang harus kita syukuri

4.Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?
Jawaban
Jumlah bait puisi di atas adalah 4 bait

5.Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
Jawaban
Jumlah baris dalam puisi di atas adalah 4 baris

6.Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!
Jawaban
  • Rima pada bait 1 adalah a-a-b-b
  • Rima pada bait 2 adalah a-a-a-a
  • Rima pada bait 3 adalah a-a-a-a
  • Rima pada bait 1 adalah a-b-a-b

Artikel yang sedang anda baca adalah Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 pembelajaran 3 kurikulum 2013 revisi terbaru


Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat untuk kita semua dimanapun kalian berada dan jika ada pertayaan silakan komen di kolom komentar di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar