Kelas 4 Tema 6 dan Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Halaman 86, 91, 92

Posted by Kuat On Minggu, 19 Januari 2020 0 komentar
Kunci Jawaban buku siswa tema 6 kelas 4 halaman 84

Halaman 86, 91, 92 Tema 6 Kelas 4 Pembelajaran 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 - Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 3 subtema 2 Hebatnya cita citaku

Didalam pembelajaran 3 Kelas 4 tema 6 subtema 2 ada beberapa pertayaan - pertayaan yang harus di jawab oleh siswa siswi padaa buku paket tematik kurikulum 2013

Untuk itu, Admin telah meringkas dan menjawab soal dan pertayaan pada buku siswa kelas 4 tema 6 pembelajaran 3 subtema 2,Dengan demikian admin telah menuliskan kunci jawaban bererta halamannya dengan tujuan agar siswa atau pun wali murid mudah menemukan halaman yang di tujunya.berikut admin tulis kunci jawabannya.

Kelas 4 Tema 6 pembelajaran 3 kurikulum 2013


Ayo Berdiskusi

Perhatikan dengan seksama gambar di atas! Tahukah kamu,siapakah tokoh yang terdapat dalam gambar tersebut? Ya! Tokoh tersebut adalah patih Kerajaan Majapahit bernama Gajah Mada.

Patih Gajah Mada merupakan seorang tokoh besar yang mempunyai cita-cita sangat besar,yaitu mempersatukan pulau-pulau dan kerajaan-kerajaan yang ada saat itu menjadi satu yaitu, Nusantara!

Diskusikan bersama teman-temanmu beberapa pertanyaan berikut!

1.Apakah cita-cita Patih Gajah Mada terlalu tinggi saat itu?
Jawaban
Cita cita gajah mada adalah Mempersatukan Nusantara di bawah naungan Majaphait.

2.Tahukah kamu usaha apa saja yang dilakukannya untuk mencapai cita-cita tersebut?
Jawaban
Uasaha yang di lakukan ya adalah Gajah mada melakukan sumpah palapa

3.Tahukah kamu bagaimana cara Patih Gajah Mada mewujudkan cita-citanya?
Jawaban
Untuk mewujudkan cita citanya patih gajah mada adalah Patih Gajah Mada benar benar melakukan sumpah palapa yang di ucapkan ketika di angkat menjadi Maha pati majapahit dan berkerja keras untuk menakukan daerah nusantara.

Setelah melakukan diskusi dengan temanmu, bacalah bacaan tentang Gajah Mada berikut!

Cita-Cita Besar Patih Gajah Mada

Kunci Jawaban halaman 85 tema 6 kelas 4 pembelajaran 3
Gajah Mada diperkirakan lahir pada awal abad ke-14, di lembah Sungai Brantas di antara Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Ia berasal dari kalangan rakyat biasa, bukan dari kalangan keluarga kaya ataupun bangsawan.Sejak kecil, dia memiliki bakat kepemimpinan yang sangat kuat melebihi orang-orang sebaya di masanya. Konon, dia terus menempa dirinya agar dapat masuk ke lingkungan pasukan kerajaan.  

Gajah Mada yang memiliki arti “Gajah yang cerdas, tangkas, dan energik.” Memulai pekerjaannya sebagai anggota prajurit Bhayangkara.Karena kemampuannya,ia pun diangkat menjadi Kepala Prajurit Bhayangkara dengan tugas memimpin pasukan pengaman dan pengawal Raja.

Pengabdian Gajah Mada pada kerajaan dimulai pada masa pemerintahan Raja Jayanegara (1309 – 1328).  Berkat kerja keras dan kepemimpinannya yang hebat, Gajah Mada menjadi seorang Patih Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Ratu Tribhuawanatunggadewi Jayawisnuwardhani.

Pada saat hendak dilantik menjadi patih, Gajah Mada membuat janji yang sangat terkenal hingga kini. Sebuah ikrar atau janji yang dikenal dengan nama Sumpah Palapa.

Ia berjanji tidak ingin menikmati buah palapa kecuali dapat mempersatukan daerah-daerah seperti Seram,Tanjungpura,Haru,Pahang(Semenanjung),Dompo,Bali,Sunda,Palembang,Tumasik (Singapura).Janji atau ikrar yang ia upayakan untuk terwujud dengan menyatukan wilayah tersebut menjadi wilayah Nusantara.

Saat itu wilayah Nusantara lebih luas dari wilayah negara Indonesia saat ini.Saat itu wilayah Nusantara meliputi Seluruh Semenanjung Malayu(Malaysia dan Singapura), Sumatra, Jawa, Kalimantan,Sulawesi,Sunda kecil,Bali,Maluku,Papua,hingga wilayah Darwin(Australia).

Kunci Jawaban buku siswa halaman 86


Berdasarkan bacaan di depan,lengkapilah peta pikiran berikut ini!
Jawaban

kunci jawaban buku siswa tema 6 kelas 4 hlm 86

Kamu telah tahu ciri-ciri puisi juga bagian-bagian puisi.  Bacalah puisi di bawah ini dengan saksama!

kunci jawaban buku siswa tema 6 kelas 4 hlm 86

Bersama dengan teman sebangkumu, lakukanlah kegiatan berikut!

1.Ceritakanlah pendapatmu tentang puisi tersebut.Baca kembali bacaan tentang Gajah Mada untuk membantumu memahami puisi tersebut.

2.Salinlah puisi tersebut di buku tulismu dengan menggunakan pensil.

3.Perhatikan baris kata-kata pada bait pertama. Lalu, gantilah beberapa kata di setiap barisnya dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

4.Kamu dapat menggunakan kata-kata yang ada dalam bacaan atau kata-katamu sendiri yang mempunyai makna hampir sama dengan kata yang kamu ganti.

5.Lakukan juga untuk baris-baris berikutnya pada bait pertama.

6.Bacalah kembali bait pertamamu, perbaiki jika kamu menemukan katakata yang lebih baik dengan rima dan makna yang sesuai.

7.Lakukan hal yang sama terhadap bait-bait berikutnya.

8.Setelah selesai, baca kembali keseluruhan puisimu.

9.Bacakan puisimu di depan kelas.


Kunci Jawaban halaman 88 kurikulum 2013 tema 6 kelas 4

Usaha Patih Gajah Mada untuk mempersatukan Nusantara telah terwujud, meskipun wilayahnya tidak seluas yang ia cita-citakan. Usaha mempersatukan wilayah dan masyarakat di dalamnya tentu bukan hal yang mudah.Oleh karenanya,bangsa Indonesia harus memelihara persatuan dan kesatuan dengan sungguh-sungguh.

Ayo Berkreasi

Amatilah kehidupan masyarakat yang ada di sekitarmu!
Apakah mereka berasal dari daerah yang sama? 
Apakah nenek moyang mereka berasal dari daerah yang sama?
Bagaimana dengan suku asal mereka?Bagaimana juga dengan bahasa daerah mereka?

Ayo Mengamati

Kamu telah mempelajari berbagai jenis sumber daya alam yang ada di sekitarmu.  Sumber daya alam adalah segala sesuatu dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Air, matahari, tanah, dan segala yang ada di dalamnya merupakan sumber daya alam yang harus dipelihara dan dilestarikan.Sumber daya berupa air,tanah,matahari,tumbuhan,dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Beberapa sumber daya alam tersebut dapat berupa berbagai bentang alam, seper ti sungai, danau, laut, tanah pers awahan,  dan tanah hutan.  

Pada setiap bentang alam tesebut terkandung sumber daya alam, berupa air,tanah, udara bersih,tumbuhan, dan hewan.Perhatikan daerah di sekitar tempat tinggalmu.Amatilah beberapa sumber daya alam yang ada di sekitarmu. Catatlah sumber daya alam tersebut di dalam tabel, lalu lengkapilah dengan keterangan manfaat sumber daya alam tersebut bagi lingkungan sekitarmu. 

Lihatlah contoh berikut!
kunci jawaban halaman 91 tema 6 kelas 4

Kunci Jawaban buku siswa tema 6 kelas 4 Halaman 91, 92


Berdasarkan tabel di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1.Sumber daya alam mana saja yang paling banyak tersedia di daerah tempat tinggalmu?
Jawaban
Sumber daya alam yang paling bayak adalah Air
Terdapat di Sungai
Manfaat Untuk menyirami tumbuh tumbuhan

2.Bagaimana masyarakat sekitar memanfaatkannya?
Jawaban
Cara memanfaatnya adalah msayarakat mengalirakan air ke tempat - yang tidak ada airnya

3.Bagaimana usaha masyarakat sekitar menjaga dan memeliharanya?
Jawaban
Usaha masayarakt untuk memeliharanya adalah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Artikel yang sedang anda baca adalah Kunci Jawaban Buku siswa tema 6 kelas 4 Subtema 2 pembelajaran 3 kurikulum 2013 revisi terbaru


Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat untuk kita semua dimnapun kalian berada dan jika ada pertayaan silkan komen di kolom komentar di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar